Ambon, 16 Oktober 2024 – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Maluku dan Maluku Utara. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penyelenggaraan Workshop Peningkatan Kerjasama Perguruan Tinggi dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai pihak terkait.

Kegiatan yang berlangsung di dua lokasi berbeda ini, yakni di Aula LLDIKTI XII pada tanggal 7 Oktober 2024 dan di Aula ISDIK Kie Raha pada tanggal 14 Oktober 2024, dihadiri oleh pimpinan perguruan tinggi swasta di wilayah Maluku dan Maluku Utara. Dalam workshop ini, para peserta diajak untuk membahas berbagai peluang kerjasama yang dapat dilakukan antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini antara lain Florence Hadeli selaku Director of Sales & Partnership PT. Orbit Ventura Indonesia, Tammat R. Talaohu, SE., M.Si selaku Wakil Ketua Umum KADIN Maluku), dan Dirhamzah Kasim selaku Direktur Eksekutif KADIN Maluku Utara. Para narasumber memberikan paparan mengenai pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi, dunia usaha, dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan dan daya saing daerah.

Salah satu poin penting yang dibahas dalam workshop adalah terkait dengan penyesuaian kurikulum perguruan tinggi agar lebih relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Para peserta juga diajak untuk berdiskusi mengenai pengembangan program magang, praktik kerja lapangan, dan penelitian kolaboratif.

Melalui penandatanganan MoU ini, diharapkan dapat terjalin sinergi yang lebih kuat antara perguruan tinggi, dunia usaha, dan pemerintah. Beberapa bentuk kerjasama yang dapat dilakukan antara lain program magang, pengembangan kurikulum berbasis kompetensi, serta penelitian bersama. Dengan demikian, lulusan perguruan tinggi di Maluku dan Maluku Utara diharapkan dapat lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *