Ambon, LLDIKTI12 – Berkurban merupakan bagian dari syariat islam. Berkurban menjadi kewajiban setiap muslim karena berkurban adalah perintah Allah kepada manusia sejak manusia adanya peradaban manusia, bahkan ketika putra-putra nabi Adam AS pun diperintahkan berqurban. Berkurban bertujuan untuk memperkuat akidah seorang muslim apabila amalan tersebut dilakukan dengan tulus dan ikhlas.

Selain dilihat sisi spiritual, berkurban juga merupakan tindakan yang berdimensi sosial, berkurban mengajarkan kepada setiap muslim untuk memiliki kepekaan dan kepedulian sosial, berkurban merupakan cara seorang muslim menyukuri anugerah dan rezeki yang diberikam Allah SWT.

Sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah tersebut, Keluarga Besar LLDIKTI Wilayah XII menyerahkan hewan qurban berupa sapi kepada masyarakat di Kota Ambon, yang didistribusikan pada  beberapa masjid, sedangkan di Provinsi Maluku Utara, kegiatan tersebut difokuskan pada beberepa lokasi di Ternate, Sofifi, Tobelo dan beberapa lokasi lainnya.

Bila dibandingkan dengan tahun 2019 lalu maka penyerahan hewan kurban kepada masyarakat pada tahun 2020 ini mengalami peningkatan sangat signifikan yakni hampir mencapai 300 %. Jika pada 2019 lalu jumlah sapi kurban hanya 5 ekor maka pada 2020 ini sebanyak 20 ekor.

Penyerahan Hewan qurban  dipusatkan di Kota Ambon dan Provinsi Maluku Utara yang dilaksanakan pada, Selasa, 28 Juli 2020. Di Kota Ambon acara penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris LLDIKTI Wilayah XII Ambon, Dr. J.E.  Lekatompessy,  M.  Si, SE, AK, CA di halaman kantor LLDIKTI Wilayah XII Kopertis Karpan Ambon.

Di Provinsi Maluku Utara penyerahan hewan qurban dilakukan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si. pada beberapa lokasi antara lain : Kecamatan Tolonua Kabupaten Halmahera Utara (Tobelo) Malut, satu ekor sapi, Kecamatan Togoli Kabupaten Halmahera Utara (Tobelo) Malut satu ekor sapi, Kelurahan Jambula Kecamatan Pulau Ternate, Masjid Baab Masyhur Malamo Malut empat ekor sapi, Kelurahan Dufa Dufa Kota Ternate Malut satu ekor sapi dan satu ekor kambing, Masjid Ar-Rahman Kelurahan Rum Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore.

Keseluruhan hewan qurban sebanyak 20 ekor sapi, di Kota  Ambon  sebanyak 9 (sembilan) ekor sapi, di Maluku Utara sebanyak 11 (sebelas) ekor sapi.

Dikatakan Bugis, dalam ajaran Islam, qurban merupakan sunah muaqat atau sunnah yang sangat dianjurkan, berkurban bagi setiap muslim yang mampu adalah manifestasi rasa cinta kepada Allah SWT. Wujud rasa cinta kepada Allah itulah yang diimplementasikan Keluarga Besar LLDIKTI Wilayah XII Ambon dengan memberikan hewan qurban kepada masyarakat Kota Ambon.

“Hewan kurban tersebut selanjutnya akan  disalurkan  kepada  beberapa mesjid di Kota Ambon, mekanisme penyalurannya akan diatur oleh panitia yang dibentuk oleh LLDIKTI Wilayah XII, ” beber Bugis.

Kedepan lanjut mantan Ketua Prodi Ekonomi Pasca Sarjana Unpatti Ambon, LLDIKTI Wilayah XII Ambon akan menjadikan penyaluran kurban kepada masyarakat sebagai program tahunan LLDIKTI Wilayah XII Ambon, tahun ini baru beberapa PTS yang ikut serta berkurban bersama LLDIKTI Wilayah XII Ambon seperti STIKES Maluku Husada Kairatu, STIKES Pasapua Ambon, AIKOM Ternate, STKIP Kie Raha Ternate, Universitas Nuku Tidore yang berkurban hewan sapi sedangkan UKIM Ambon menyumbang uang tunai. “ kami sangat berterima kasih untuk keikutsertaan PTS ini, kedepan kami harapkan partisipasi PTS lebih meningkat lagi dibandingkan tahun  ini”  ungkap Bugis.

Acara penyerahan hewan qurban oleh LLDIKTI Wilayah XII Ambon dipusatkan di halaman Kantor LLDIKTI Wilayah XII Ambon, Pimpinan PTS dan dosen dpk LLDIKTI Wilayah XII diundang untuk menyaksikan acara tersebut melalui video converensi, pengurus masjid penerima bantuan hewan di undang untuk menerima sapi kurban di halaman kantor LLDIKTI Wilayah XII Karpan Ambon.

MENYAKSIKAN PEMOTONGAN QURBAN

Seusai melaksanakan sholat Ied, Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si bersama Istri Nunung Triyani, SE M.Si juga berkesempatan menyaksikan secara langsung proses penyembelihan hewan qurban bantuan pegawai dan dosen LLDIKTI Wilayah XII di Masjid Darul Rahman Wara Jl. Tarmizi Taher Kebun Cangkeh dan di Masjid Nurul Hidayah Lata Halong Ambon 31/07/20.

Di Kota Ambon sedikitnya 9 (sembilan) masjid yang menerima bantuan hewan qurban bantuan LLDIKTI Wilayah XII tahun 2020 ini yakni : masjid Darul Rahman, Wara, Masjid Nurul Mu’min Ahuru, Masjid Al Hidayah Hative Kecil, Masjid Nurul Hidayah Latta, Masjid Nurul Iman Kepala Air Batumerah, Masjid Al Qadir Taeno Rumah Tiga, Masjid Al Muqarimalahklak Kampung Rinjani, Masjid An Nubuah Gadihu, dan Masjid Ar Rahim Kampung Kolam Batu Merah Ambon.

Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si menyatakan kedepan ia akan melakukan terobosan untuk meningkatkan jumlah hewan qurban dengan melibatkan Perguruan Tinggi Swasta dan memperluas partisipasi dosen dpk dan Dosen Tetap Yayasan penerima sertifikasi Dosen di PTS. (bul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *