Ambon, LLDIKTI12 – Sebagai wujud kepedulian dalam memerangi penyebaran virus covid-19 sekaligus membantu kesulitan warga dalam mendapatkan masker terkait penerapan protocol Kesehatan dan instruksi wajib penggunaan masker maka Intitut Teknologi dan Bisni Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (ITB STIKOM) Ambon malakukan aksi sosial bagi-bagi maske kepada warga Kota Ambon. Kegiatan sosial pengabdian Kepada Masyarakat dibawah naungan Kemahasiswaan STIKOM Ambon di pusatkan pada beberapa titik dan jalan-jalan utama Kota Ambon.

Kegiatan sosial yang dilakukan yaitu membagikan 2000 masker kain kepada  masyarakat Kota Ambon. Pembagian masker ini ditargetkan berlangsung selama satu minggu.

Aksi bagi-bagi masker ini dipimpin oleh Penanggung Jawab Bidang Kemahasiswaan Nabila Payapo, S.Pd, M.Kom bersama Ketua Program Studi Teknik Informatika Rowan Daflix Syaranamual, S.Si, M.Si, Ketua Program Studi Sistem Informasi M.Ikbal Siami, M.Cs, Ketua Program Studi Komputerisasi Akuntansi Perpajakan F.J. Maitimu, SE., M.Si dan Ketua Program Studi Manajemen Informatika Rahmawati Rumau, S.Pd, M.Kom.

Foto : Mahasiswa ITB STIKOM Ambon bagi-bagi masker di Jl. A.Y Patty Ambon

Beberapa Staf dan para Dosen STIKOM Ambon dan Mahasiswa/i ITB STIKOM Ambon terlibat secara langsung dalam pembagikan masker kepada para pengendara sepeda motor, mobil serta penumpang angkutan umum becak dan angkot yang melintas maupun saat berhenti di lampu merah.

Tak lupa, aksi bagi-bagi masker ini diberikan kepada masyarakat yang berada di tempat sekitar lokasi pembagian maupun yang melintas. “Ada 2000 masker yang kita bagikan kepada pengendara yang melintas dan masyarakat,” sebut Nabila Payapo disela-sela pembagian masker.

Kegiatan ini, terang Nabila, sebagai bentuk nyata kepedulian dari ITB STIKOM Ambon untuk ikut serta menekan penyebaran Covid-19 khususnya kota Ambon. “Masker merupakan salah satu pertahanan untuk menjaga diri dari penyebaran dan penularan virus covid-19, kami sangat berharap, masker ini bisa selalu dipakai oleh masyarakat, sebagai alat pelindung mulut, saat berinteraksi dengan orang lain, baik saat berada dilingkungan rumah maupun ditempat kerja agar terhindar dari infeksi covid-19,” imbuhnya.

Sementara Ketua Prodi Akuntansi Perpajakan ITB STIKOM Ambon F. J. Maitimu, SE, M.Si mengatakan, kegiatan ini adalah instruksi langsung dari Pimpinan ITB STIKOM Ambon sebagai dukungan terhadap pemerintah Provinsi Maluku dan Walikota Ambon terkait himbauan mewajibkan seluruh masyarakat Kota Ambon menggunakan masker.

Maitimu berharap, semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh dan memotivasi masyarakat untuk bersama bahu membahu melawan penyebaran covid-19.

Kegiatan pembagian masker ini sudah berlangsung selama dua hari dan dipusatkan pada beberapa titik. Jl. A.Y. Patty, lampu merah depan Kantor Pengadilan dan daerah depan Gong Perdamaian. Hari kedua, dilakukan di lampu merah depan Mesjid Al-Fatah Ambon. Untuk hari berikutnya akan direncanakan dilakukan dibeberapa titik yang paling sering dilewati oleh masyarakat baik itu kendaraan roda dua, becak dan angkutan umum. (Bul)