Universitas Darussalam (UNIDAR) Ambon mencatat sejarah baru setelah kurang lebih 37 Tahun berdiri, UNIDAR Ambon menghasilkan sekaligus dua orang Guru Besar masing-masing Prof. Dr. Jaelani La Masidonda, S.E., M.M guru besar pada bidang ilmu manajermen, dan Prof. Dr. Tekat Dwi Cahyono, S.Hut., M.Si, guru besar pada bidang ilmu kehutanan.

Bertempat di Aula Kantor Telkom Ambon, Kamis (19/10/2023), pengukuhan kedua Guru Besar tersebut dilakukan melalui rapat senat terbuka yang dipimpin oleh Rektor UNIDAR Ambon, Dr. Ir. M. Riadh Uluputty, M.P.
“Capaian bukan sekedar keberhasilan Prof Jaelani dan Prof Tekat, tapi juga keluarga dan seluruh civitas akademika UNIDAR Ambon. Sebab sejarah sejak 37 tahun berdiri di Maluku, ini pertama kalinya ada guru besar dan ini sangat berimplikasi terhadap proses akreditasi institusi maupun program studi dengan kategori Baik Sekali. Diharapkan dengan perbaikan-perbaikan infrastruktur, tidak menutup kemungkinan kita bisa meraih akreditasi Unggul, sebab syaratnya minimal dua guru besar”, pungkas Uluputty.

Senada dengan penyampaian Rektor UNIDAR Ambon, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII Ambon, Dr. Jantje E. Lekatompessy, S.E., M.Si, Ak, CA, mengaku bangga dengan capaian yang dihasilkan dua guru besar UNIDAR tersebut. “Selamat ya. Saya menitipkan tanggung jawab agar menjalankan amanah yang baik selama menyandang gelar akademik paling tinggi ini. Semoga 2 – 5 tahun ke depan UNIDAR Ambon dapat mencapai akreditasi institusi Unggul dari peringkat Baik Sekali saat ini”, tandas Lekatompessy dalam sambutannya.
Menurutnya, dengan prestasi UNIDAR Ambon ini, maka tercatat sudah 10 guru besar di LLDIKTI Wilayah XII, yaitu 6 orang di UKIM, 2 orang di UMMU, dan 2 orang di UNIDAR. Dan dari 10 orang tersebut, 5 orang berasal dari Dosen PNS Dpk LLDIKTI XII, dan 5 orang lainnya merupakan dosen tetap yayasan.

Prof. Dr. Jaelani La Masidonda, SE., MM saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik di UNIDAR Ambon. Beliau telah mendedikasikan lebih dari 20 tahun karirnya sebagai Dosen di Fakultas Ekonomi.

Sementara itu, Prof. Dr. Tekat Dwi Cahyono, S.Hut., M.Si saat ini menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIDAR Ambon. Tekat Dwi Cahyono memperoleh gelar Profesor melalui mekanisme loncat jabatan akademik dari Lektor ke Guru Besar. (*)