Ambon, 17 Oktober 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di wilayah Maluku dan Maluku Utara, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII menggelar workshop pemuktahiran Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang berlangsung pada tanggal 15 dan 16 Oktober 2024, di aula LLDIKTI Wilayah XII. Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi perguruan tinggi (PT) untuk menyelaraskan sistem penjaminan mutu mereka dengan regulasi terbaru.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi menjadi dasar utama dalam workshop ini. Melalui kegiatan ini, LLDIKTI XII ingin memastikan bahwa seluruh PT di lingkungannya memiliki pemahaman yang sama dan implementasi SPMI yang konsisten. Dengan demikian, kualitas lulusan dan reputasi perguruan tinggi di wilayah ini dapat terus ditingkatkan.  

Workshop ini menghadirkan 3 orang pakar di bidang penjaminan mutu sebagai narasumber, antara lain, Dr. Samuel W. Sipahelut, MM., Dr. Simon P. Soegijono, M.Si., dan Dr. Melkhianus Hendrik Pentury, S.Pi, M.Si. Mereka memberikan panduan praktis dan teknis dalam melakukan pemutakhiran dokumen SPMI, termasuk penyusunan standar, manual dan formulir yang disesuaikan dengan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman dengan para narasumber dan sesama peserta dari berbagai perguruan tinggi.

Kegiatan yang digelar di aula kantor LLDIKTI Wilayah XII ini dihadiri oleh 45 peserta dari 25 Perguruan Tinggi, Diharapkan dengan adanya workshop ini, para peserta dapat kembali ke perguruan tinggi masing-masing dengan membawa pengetahuan dan keterampilan baru dalam menyusun dan mengimplementasikan SPMI dan juga melakukan Pelaporan SPMI untuk mendokumentasikan secara sistematis pelaksanaan SPMI di perguruan tinggi. LLDIKTI Wilayah XII berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada seluruh PT dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *