MasohiLLDIKTI12,- Perguruan Tinggi bukanlah menara gading yang berada di awan-awan dan tersekat dari kehidupan masyarakat, melainkan bagian dari masyarakat itu sendiri. Oleh karena bagian dari masyarakat maka sudah selayaknya  Perguruan  Tinggi (PT) mempunyai kepedulian terhadap berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, bangsa dan negara diberbagai bidang. Pelaksanaan dharma Penelitian merupakan salah  satu bentuk kepedulian dosen Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gotong Royong Masohi terhadap persoalan dan fenomena yang terjadi di masyarakat. Hasil penelitian merupakan kajian ilmiah yang nantinya dapat menjadi solusi terhadap persoalan yang dihadapi.

Pelaksanaan penelitian dosen pada STKIP Gotong Royong Masohi ada yang dibiayai secara mandiri, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan maupun bantuan dari pihak lain. Pada tahun 2020, terdapat sembilan judul penelitian dosen yang dibiayai melalui dana DIPA Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional pada scheme Penelitian Dosen Pemula (PDP), senilai Rp 179.997.000,-

Hasil penelitian sementara dosen-dosen tersebut diseminasikan kepada sivitas akademika STKIP Gotong Royong Masohi pada Senin, 14 September 2020. Dihadapan sekitar 100 peserta diseminasi, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), M. Sahureka, S.Si, M.Sc menekankan bahwa tujuan kegiatan diseminasi hasil penelitian  dosen  adalah  untuk mensosialisasikan hasil penelitian sementara yang segera difinalisasi untuk menjadi sebuah dokumen laporan hasil.

Sementara itu, dalam arahan pembukaan, Ketua STKIP Gotong Royong Masohi, K. Selehulano, S.PdI, M.Pd mengajak peserta untuk menyamakan persepsi tentang bagaimana hasil riset bisa dimanfaatkan dalam perbaikan program pembangunan, khususnya dibidang pendidikan dan sains.

Hasil penelitian dan kajian yang dipaparkan adalah: pertama Analisis Pemahaman Guru Terkait Konten Geometri dalam Implementasi Pembelajaran, kedua, Desain Pembelajaran Matematika dengan Konteks Permainan Kuli Bia pada Materi Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil,  Persiapan Guru Matematika Pra pembelajaran  di Kelas, keempat, The Influence of the Use of Smartphone-Based Mobile Learning on

Student Learning Interest in SMAN 1 Seram Utara Barat, kelima, Distribusi dan Keanekaragaman Jenis Makroalga (Seaweed) pada Ekosistem Lamun  dan Ekosistem Terumbu Karang di Perairan Pantai Desa Haya, Kecamatan Tehoru,  Kabupaten  Maluku  Tengah, enam, Struktur Komunitas Mangrove di Perairan Pantai Desa Sehati, Kabupaten Maluku Tengah, serta Implikasinya dalam Pembelajaran Ekologi Tumbuhan, ketujuh, Pemetaan Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri Se-Kota Masohi  Dalam  Menulis  Karya Ilmiah, Pengaruh Kadar Garam dan Lama Penyimpanan terhadap Kandungan Protein Bakasang Laor di Maluku, dan Aplikasi Dosisi Pupuk Bio-organik Cair Eceng Gondok dengan Penggunaan Bioaktivator Trichoderma, Sp terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh peserta diseminasi. Pada penutupan kegiatan diseminasi hasil penelitian, Ketua STKIP Gotong Royong Masohi mengharapkan agar program penelitian dosen terus dilakukan sehingga setiap tahunnya STKIP Gotong Royong Masohi dapat menghasilkan inovasi-inovasi terbaru sebagai solusi terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. (bul)