Rabu, 08 September 2021, Badan Eksekutif mahasiswa (BEM) Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Iqra Buru, hari ini melakukan gebrakan baru dengan menyelenggarakan Seminar Nasional via zoom dengan tema “Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Solusi atas tantangan Pendidikan di Era 4.0”.

Kegiatan ini sangat urgen diselenggarakan di daerah terpencil yang minim akan informasi dan sosialisasi. Hal ini sesuai dengan pernyataan ketua BEM sekaligus sebagai moderator zoominar ini, Nurmina Labalawa, bahwa merdeka belajar hingga saat ini masih menjadi hal yang samar dan masih kabur di Kabupaten Buru, sehingga kami dari BEM FKIP harus siap menjadi penggerak dan pendamping merdeka belajar di sekolah-sekolah se-Kabupaten ini.

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Iqra Buru, ibu Kasmawati, S.Pd., M. Pd yang sangat mengapresiasi antusias para guru di kabupaten Buru, dosen UNIQBU dan beberapa dosen dari kampus lainnya, praktisi, serta para mahasiswa dan para narasumber yang telah meluangkan waktu untuk sharing ilmu mereka.

Keistimewaan kegiatan ini dihadiri oleh para narasumber yang handal dan expert di bidangnya, yaitu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Ibu Dr. Ir. Insun Sangaji, M.Si sebagai pemateri pertama yang telah menyajikan materinya  dengan begitu menarik dan lugas tentang “Implementasi Merdeka Belajar di Era Pandemi Covid 19”. Begitupula dengan pemateri kedua, yaitu Dosen KPI UIN Mataram, Ibu Athik Hidayatul Ummah, M.Pd., M.Si dengan tema “Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Solusi pada Tantangan Pendidikan di Era 4.0”

Kegiatan Penggerak dan Pendamping Merdeka Belajar di sekolah-sekolah se-Kabupaten Buru Provinsi Maluku bertujuan agar mahasiswa dapat menggali dan memiliki potensi yang ada pada diri mahasiswa khususnya dalam disiplin ilmu pendidikan dan dapat mencetak mahasiswanya untuk menjadi guru atau tenaga kependidikan, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di Kabupaten Buru.

Kegiatan Penggerak dan Pendamping Merdeka Belajar di sekolah-sekolah se-Kabupaten Buru, diharapkan agar mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Buru supaya bisa bersama-sama bergandengan tangan dalam menjalankan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengenai Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Dengan seminar Nasional “Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Solusi atas tantangan Pendidikan di Era 4.0”, menunjukkan dengan jelas bahwa pendidik dan akademisi masih sangat dibutuhkan. kegiatan ini guna menambah wawasan dan pemahaman mereka terhadap Merdeka Belajar. Dengan adanya antusias dari para peserta kegiatan yang lebih aplikatif dan implementatif, sehingga BEM UNIQBU berencana untuk menyelenggarakan kelanjutan dari kegiatan ini sebagai penggerak dan pendamping bagi para pendidik di kabupaten Buru ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *